Suasana Jepang di Kota Wisata Batu

The Onsen Resort Batu
Assalamualaykum 

Masyaallah tabarakallah


Di penghujung cuti panjang saya di bulan Juni, saya mengunjungi sebuah lokasi rekreasi baru di daerah Kota Wisata Batu, yaitu The Onsen Resort. Tempat ini sebelumnya cukup viral di media sosial setahun belakangan ini. Sebagai warga Malang Raya tentunya kesempatan pulang kampung jangan sampai disia-siakan untuk mampir ke sini.


Lobby Resort
Suasana Jepang

Onsen merupakan sebuah resort yang menyediakan penginapan (dengan konsep bungalow dengan beberapa kamar), pemandian air panas, restoran dan kebutuhan selfie dengan baju kimono khas Jepang. 


Senja di The Onsen Resort

Pemandian Air Panas di The Onsen Resort

Lokasi The Onsen Resort berada di wilayah Kota Batu tepatnya di daerah Songgoriti. Saran saya gunakan petunjuk arah di Google Maps untuk mencapai lokasi ini. Sebenarnya lokasinya tidak sulit ditemukan jika kita misalkan datang dari arah Pujon atau Paralayang. Anda tinggal ikuti saja jalan yang menurun tajam ke arah batu, nanti posisinya ada di sebelah kanan jalan (seberangnya ada kuburan). Namun jika dari arah Malang atau pusat kota Batu jalannya agak berbeda karena adanya jalan satu arah. Patokannya adalah sebelum POM bensin Songgoriti (yang banyak tukang ojek mangkal menawarkan vila) Anda belok kanan masuk ke arah kawasan pemandian Songgoriti. Setelah itu ikuti peta di Google Maps saja karena agak sedikit rumit. Saya saja masih perlu Google Maps untuk melewati dari jalan dekat POM Bensin, Hehe.


Peta Menuju The Onsen Resort

Sebelum ke tempat ini, saya sempat ke daerah Wisata Payung, tepatnya di cafe-cafe sebelah tebing yang merupakan penghubung antara Batu dengan Pujon. Sesampainya di pos satpam depan, kami diberhentikan untuk membayar tiket masuk, yaitu sebesar 50 ribu per orang (alhamdulillah anak saya 3,5 tahun tidak dihitung), dengan rincian 10 ribu tiket masuk, dan 40 ribu Voucher makan di restoran. Kalau menurut saya pribadi, harga tiketnya sudah sesuai dengan fasilitas yang kita dapatkan nantinya.

Tiket Masuk The Onsen Resort

Voucher Makan di The Onsen Resort

Brosur Penyewaan Yukata

Brosur Pemandian Air Panas

Jalanan di sini menggunakan paving block yang dipadu dengan rerumputan di samping jalan. Rerumputannya rapi dan terawat. Parkir kendaraan menurut saya cukup luas. Bus bisa parkir ke dalam. Kebetulan saat itu pengunjung lumayan ramai. Kalau dilihat dari logatnya, banyak pengunjung berasal dari luar Jawa Timur.


Jalan Menuju Penginapan The Onsen Resort

Kami parkir di sebelah air terjun kecil. Lalu kami menaiki tangga menuju jembatan warna merah yang mengarah menuju restoran. Alhamdulillah cuaca sedang bersahabat sehingga hasil jepretan kamera handphone memuaskan. Jika ingin lebih maksimal lagi, kita bisa menyewa yukata agar lebih terlihat Jepang-nya. Karena harganya 150ribu per orang dan di luar anggaran kami, sehingga kami urung untuk menyewa, hahaha.


Jajaran Penginapan Nampak dari Kolam The Onsen Resort

Untuk menu restoran didominasi oleh masakan Jepang seperti Udon, Sushi, Sashimi, Ramen, Katsu, dan lain sebagainya. Masakan Indonesia dan Barat pun juga ada. Untuk harganya menurut saya seperti harga kalau kita makan di Mall. Tempat duduknya banyak dan ada yang dalam bentuk lesehan atau kursi kayu biasa. Voucher bisa juga ditukarkan dengan sebuah goodie bag berisi dua minuman.


Fushimi Restaurant

Rule of Ticket

Isi goodie bag, Caaya

Isi goodie bag, mijon mijon mijon


Sushi di The Onsen Resort

Ramen Curry di The Onsen Resort

Mungkin itu saja beberapa pengalaman saya ketika berkunjung ke The Onsen Resort Batu. Kesimpulannya, jika Anda sedang berkunjung ke Batu, tak ada salahnya untuk mampir atau menginap di sini. Waktu berkunjung terbaik menurut saya adalah di sore hari dan hindari jika cuaca sedang hujan karena tidak ada peneduh di tempat ini.


Halaman di Belakang Restoran The Onsen Resort

The Onsen Resort
Video kunjungan saya di The Onsen Resort




Waalaykumsalam

Popular Posts