Merawat Sepatu Brodo

Sejak bekerja di perusahaan saya mulai memperhatikan cara berpakaian saya. Mungkin sudah lumrah bagi sebagian orang ketika saat kuliah, apalagi di teknik, cuek dengan penampilan. Saya semakin memperhatikan penampilan ketika pindah bagian di kantor. Salah satu hal yang saya perhatikan adalah masalah sepatu.


Logo Brodo



Jika sebelumnya saya cukup hanya menggunakan sepatu safety dari kantor ketika masih di bagian lapangan, kini ketika berada di kantor rasanya kurang cocok juga kalau selalu menggunakan sepatu itu tiap harinya. Apalagi ketika mendapat tugas dinas ke kantor lain. Saya memerlukan sepatu yang cocok untuk bekerja di kantor dan dinas. 


Perusahaan saya termasuk fleksibel untuk masalah penggunaan sepatu. Apalagi ketika CEOnya dulu sangat suka menggunakan sepatu kets. Banyak pegawai menggunakan sepatu kets, sepatu kanvas bahkan sepatu futsal juga di kantor. Sayangnya saya tidak punya sepatu yang sesuai untuk dipakai di kantor. 


Nah, di awal tahun ini, kami diberi uang dari kantor untuk membeli seragam baru sesuai dengan ketentuan. Karena saya rasa seragam saya masih oke dan bagus, akhirnya saya alihkan dana tersebut untuk membeli sepatu baru. Mulailah saya mencari sepatu apa yang cocok. 


Sebelumnya saya sering diberondong dengan iklan sepatu bermerek brodo yang muncul di laman Facebook. Awalnya saya tidak tertarik, karena belum tahu bagaimana kondisi sepatutnya, karena sepatu tersebut cara pembeliannya online. Tetapi karena banyak teman yang mulai memakainya, saya jadi semakin tertarik. 


Salah satu teman akrab saya di kantor lain ternyata memakainya. Akhirnya ketika ada kesempatan dinas bareng, saya cek sepatunya. Ternyata sepatunya oke dan baru sadar saya kalau itu adalah produk Indonesia. Teman saya tersebut juga memberi rekomendasi agar saya membelinya juga. 


Dengan mantap, saya putuskan saja untuk membelinya. Saya pun juga sekalian beli peralatan untuk merawatnya. Dengan fitur chat yang ada di website-nya, saya disarankan untuk menggunakan Leather balsam untuk jenis sepatu yang saya pilih. Berikut adalah order saya :

Signore Vintage Brown Black Sole - Size : 43 
Cololite Leather Balsam

Untuk harganya, seingat saya masih 575k dan balsemnya 46k exclude ongkir. 


Sepatu punya saya ini memiliki ciri khas semacam 'gampang kotor', alias bila tersenggol atau kena gesekan sesuatu dia akan menimbulkan bekas. bekasnya akan hilang jika diusap saja. Saya memang lebih suka yang seperti ini daripada yang agak shinny2 hehe. Sejak pemakaian dari akhir februari dulu hingga sekarang  alhamdulillah saya puas. Sepatu ini ringan dan sol dalamnya empuk. Ukurannya juga pas dan 'melekat' di kaki. Lalu jika mau dimasukkan ke tas kalau saya lagi dinas, tidak banyak makan tempat. Untuk tali sepatunya menurut saya standar pada umumnya saja sih. Lalu untuk desain Signore, memang simpel,  bagus dan mudah diingat bentuknya. Maka tak heran desain ini mungkin paling ikonik dari seluruh produk sepatu brodo. 


Mengenai perawatan sepatu ini, mungkin disinilah kekuatan dari Brodo. Brodo sangat memenuhi kebutuhan generasi seperti kita ini yang cenderung tergantung dengan sosial media dan suka dengan kreativitas. Celah disinilah yang diunggulkan oleh brodo menurut saya. Kenapa saya bilang seperti itu, hal sederhana seperti ini. 


Saya sebenarnya cocok pakai sepatu apa sih jika hobi berpakaian seperti ini? Tak perlu capek2 buka New tab untuk googling lagi, tinggal cari saja di website bro.do dan anda akan menemukan infografis sederhana yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Nah, sebenarnya untuk apa bro.do memberi informasi tersebut? Bukannya mending fokus berjualan sepatu dan majang koleksinya saja? 


Secara tak sadar kita lambat laun menjadi kurang mau untuk bertanya ke orang lain tentang sesuatu yang mungkin sederhana seperti itu, sehingga kita takut disangka orang pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sangat konyol. Atau sederhananya kita sekarang cenderung gengsi untuk bertanya kepada orang lain. Lebih baik googling sajalah daripada tanya ke orang lain. Dan, ya, brodo menjawab semua pertanyaan kecil di hati kita tersebut.


Yang terbaru, brodo memberikan tutorial tips merawat tipe sepatu saya yang merupakan salah satu Best seller di keseluruhan penjualan produk brodo. Melalui akun IG-nya yang tak pernah putus memberikan penawaran produk baru atau Foto-foto indah orang-orang yang menggunakan sepatu brodo, brodo menyelipkan tips tersebut. 


Sebelum saya beranjak ke tips, saya jadi tertarik juga untuk membahas kekuatan dari foto-foto di IG tersebut. Penyajian foto yang bagus tersebut tentunya sangat meningkatkan daya tarik bagi calon pembeli. "Wah keren juga ya kalau saya pakai sepatu ini," kata-kata tersebut mungkin akan terngiang di benak kita. Daya tarik ini sangat kuat. Tentunya tak hanya kekuatan foto saja yang membuat kita feel gentlemen, tetapi kualitas sebenarnya sepatu ini tentu sangat kita harapkan sesuai. Dan saya puas dengan kualitasnya. 


Kembali ke tips, nah, jadi tutorial yang diberikan brodo alhamdulillah sudah sesuai dengan apa yang saya lakukan. Intinya sangat hindarkan sepatu kita dengan air, terutama air yang kotor. Lalu kalau bisa secara rutin kita rawatlah sepatu kita itu. Minimal seminggu sekali. Lepas tali sepatu. Sikat sepatu dengan lembut, lalu lap pakai kain. Untuk kain saya pakai kain bekas kaos dalam yang sudah kayak Hahaha. Habis dilap, lalu aplikasikan balsem secara merata, kemudian dilap lagi. Habis itu kadang saya jemur di tempat yang teduh sebentar saja. Kalau masalah kenapa di jemur,  improvisasi saya sendiri sih. Menurut saya kalau diangin-anginkan seperti itu bisa mengurangi bau di dalam sepatu sih. Saya juga selalu menyelipkan gumpalan koran jika ingin menyimpannya untuk menyerap bau. 


Dengan perawatan tersebut, saya berharap sepatu jadi lebih awet, karena sekali lagi saya termasuk orang yang kurang merawat Sepatu. Tentunya kualitas sepatu brodo untuk jangka panjang sangat kita harapkan. Dengan kualitas marketing yang bagus seperti sekarang ini, semoga dibarengi dengan kualitas sepatunya untuk semakin bagus. Usaha tersebut telah dilakukan brodo dengan merilis engineered Leather yang diaplikasikan pada beberapa seri desain laris nya. Sebuah produk riset yang sangat menggiurkan. Ditambah lagi produk di lini clothing, belt, accessories dsb yang semakin beragam. Semoga barokah ya bro dan mohon maaf jika ada salah kata. 
Di bawah ini ada beberapa foto dokumentasi pada saat saya merawat. 

Persiapan Merawat Sepatu Brodo
Cololite Leather Balsam
Emboss Brodo
Salah Satu Goresan di Sepatu Brodo Saya
Mearawat Sepatu Brodo
Tanda Ukuran Sepatu Brodo
Tapak Sepatu Brodo Bermotif Batik Parang
Setelah Selesai Dirawat

Popular Posts