Menjelajahi Sawahlunto dan Museum Goedang Ransoem Sawahlunto

Assalamualaykum











 Walaupun sudah lebih tiga tahun lamanya saya di sini, baru kali ini saya mengunjungi salah satu tempat ikonik di Sawahlunto. Tempat itu adalah Museum Goedang Ransoem Sawahlunto. Museum ini adalah salah satu museum esensial yang mengiringi perjalanan Sawahlunto sejak dulu.









Museum ini terdapat di daerah pusat kota Sawahlunto. Tepatnya berada di lokasi dekat Lubang Mbah Suro. Jika kita berada di Lapangan segitiga depan Gedung PT Bukit Asam, maka arahnya adalah menuju ke sebuah jalan dekat Museum Tambang.



Museum ini merupakan kompleks bangunan peninggalan Belanda, yang dulu difungsikan sebagai dapur umum. Dapur ini memenuhi kebutuhan makan para pekerja tambang yang jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu proses memasak di tempat ini menggunakan peralatan yang besar.


Di tempat ini kita akan menemui banyak media dan alat peraga yang menunjukan proses kerja Goedang Ransoem di masa itu. Proses pembuatan steam dengan steam generator, peralatan pendukung yang digunakan, perkembangan kota Sawahlunto, baju daerah di Sawahlunto, dan lain sebagainya ditunjukkan di museum ini. Jadi, tak ada salahnya bagi Anda untuk meluangkan waktu mengunjungi tempat ini di hari libur Anda.


Waalaykumsalam

Popular Posts