Menyiasati Export Movie Flash dengan Swivel

Assalamualaykum

Salah satu fungsi utama dan yang sering saya lakukan ketika menggunakan flash adalah, membuat sebuah animasi pendek. Membuat animasi di flash memang cukup mudah dan bisa sesuka hati. Tetapi kendala kadang terjadi ketika meng-export hasil pekerjaan kita tersebut dalam bentuk video.

Flash menyediakan export video dalam beberapa format. Dua format utama yang umum dipakai adalah .avi dan .mov. Tapi  kenyataannya, saya menemui kesulitan dengan format tersebut. Untuk format .avi, ukuran file kadang terlalu besar dan beberapa movie clip tidak masuk dalam hasil export-nya. Sedangkan untuk format .mov, saya selalu menemui error, no QuickTime installed. Padahal QuickTime sudah saya install dengan baik.

Akhirnya saya mencari-cari di internet mengenai cara mengubah file flash tersebut menjadi file video. Saya menemukan sebuah cara yaitu dengan mengubah swf menjadi mp4 dari hasil googling-an saya. File swf sendiri adalah file hasil publish dari flash yang bisa dibuka dengan flash player (dari windows ataupun browser). Untuk melakukan konversi tersebut, digunakan software yang bernama Swivel.



Saya pun men-download dan meng-install aplikasi tersebut. Kemudian saya convert file swf sepanjang 1:14 menit saya menjadi mp4. Selama 16 menit, akhirnya, file swf saya dapat berubah menjadi file mp4 sebesar 40MB (ukuran 1366x768 px) dan hasilnya sama dengan file swf. Alhamdulillah.

Dengan begini, aman lah file presentasi kawan-kawan yang saya bantu bikinkan untuk mengikuti acara English Olympiad di minggu depan :)

NB: Menurut beberapa yang saya baca, hindari script di dalam file swf tersebut untuk hasil yang lebih baik. Kalaupun ada, hanya script stop(); saja.

Waalaykumsalam

Popular Posts