Gotham Fest Photo Contest 2014: "I Give You Two Joker, Batsie"

Assalamualaykum
 
Sejak saya mulai nge-fans sama The Cape Crusader alias The Dark Knight a.k.a Batman, saya mulai banyak membaca beberapa artikel tentang Batman. Termasuk juga mencari beberapa grup di social media mengenai Superhero tanpa kekuatan super tersebut. Akhirnya saya menemukan sebuah twitter yang bernama Gotham Citizen Club. Gotham Citizen Club atau yang biasa disingkat GCC merupakan wadah bagi penggila manusia kalong tersebut beserta kota Gotham. Selain di twitter, GCC juga memiliki grup di Facebook. Di sini para maniak Bruce Wayne dapat berbagi pengalaman atau koleksi, mulai dari graphic novel, DVD, action figure, movie dan merchandise lainnya.


Gotham Fest 2014


Di awal bulan Juni 2014 silam, terdapat sebuah acara yang digagas oleh GCC, yaitu Gotham Fest. Acara ini diadakan di fX Jakarta yang didukung oleh banyak pihak, seperti SAE Institute, Movie Explorer, Setan Jalanan dan lain sebagainya. Banyak kegiatan terkumpul dalam acara ini, seperti Artist Alley, Comic Workshop, Batman Exhibition, Movie Marathon Dark Knight Trilogy, Cosplay Fun Games, Toys Auction & Bazaar dan lain sebagainya. Sekali lagi, saya tidak bisa ikut. Hahahahahahahikshiks.

Poster Photo Contest Gotham Fest 2014 by Gotham Citizen Club


Untunglah, ada praacara yang dicanangkan oleh GCC, agar fans Batman seluruh Indonesia, dapat ikut andil. Acara tersebut adalah photo contest. Kita diberi kesempatan untuk berfoto bersama koleksi Batman kita. Bisa artwork, buku, action figure dan lain sebagainya sekreatif mungkin. Hadiahnya oke juga, Graphic Novel Batman The Killing Joke dan Kaos GCC. Saya pun tertarik untuk mengikuti photo contest ini (karena lihat hadiahnya buku. Hahahaha).

Nah, karena saya tidak punya koleksi Batman, entah buku, DVD atau action figure-nya, saya pun mencoba dengan membuat artwork. Terpintaslah ide menggabungkan dua villain terkenal di dunia Gotham. Yang pertama adalah musuh terepik si playboy kaya di Gotham ini, Joker. Saya rasa Joker memang musuh yang tiada duanya. Ibarat mata uang, mereka berdua masing-masing dua sisi yang saling berlawanan arah. Yang kedua adalah the White Knight, Harvey Dent, yang dikorupsi pikirannya oleh Joker menjadi seorang Two-Face. Sebagai mantan penegak hukum di Gotham, ironis sekali akhirnya Dent menjadi peneror di Gotham karena kekecewaannya atas kematian Rachel (cerita dari film The Dark Knight).

Saya pun memulai menggambar Joker dengan nyontek gambar Joker yang ada di internet. Hehe. Akhirnya, Joker yang dibintangi Heath Ledger lah yang mungkin paling pas. Joker di Trilogi Dark Knight ini sangat ikonik dan fenomenal, menurut saya. Saya gambar separuh wajah Batman, agar terlihat seperti Two-Face. Hasilnya, entah kenapa Joker terlihat gemukan. Hahaha.

Joker Artwork by firzazr for Photo Contest Gotham Fest 2014


Setelah itu, istri saya, saya suruh motret saya dengan gambar wajah terbelah tersebut. Edit-edit sedikit dengan Snapseed dan Pixlr Express, jadilah gambar di bawah ini.

"I Give You Two-Joker, Batsie" Photo by firzazr Photo Contest Gotham Fest 2014


Hahaha. Walau kelihatan weird, tapi puas juga bisa bikin gambar seperti itu. Paling tidak saya yang newbie di dunia Gotham ini, support acara Gotham Fest kemarin dengan ikut event photo contest ini.

Waalaykumsalam

Popular Posts